Mencari lokasi billboard yang efektif dan tepat sasaran, tentu saja tidak mudah banyak sekali yang harus kita ketahui dalam mencari lokasi billboard. Beberapa hal bisa dijadikan alasan untuk mencari lokasi billboard adalah Arus Perjalanan, Jangkauan Lokasi, Kecepatan Arus Lalu Lintas, Kepadatan Lalu Lintas, Presepsi Lokasi, dan Estetika Penempatan Billboard.

Arus Perjalanan
Mencari lokasi billboard yang tepat sangat dipengaruhi oleh jumlah pelintas diarea tersebut. Namun, pemasang billboard pun harus jeli apakah objek akan dipasang di kiri atau kanan jalan. Posisi ini bisa juga di sudut jalan, persimpangan (perempatan/pertigaan) atau mungkin  malah di tengah jalan.

Jangkauan Lokasi
Billboard mempunyai daya jangkau yang bersifat sangat lokal, Karenanya, sangat penting memilih lokasi billboard yang memiliki sudut pandang luas, misalnya pada ketinggian billboard tertentu yang bebas dari halangan pandangan.

Kecepatan arus lalu lintas
jika media ini dipasang di jalur bebas hambatan, maka billboard tersebut didesain sedemikian rupa agar pesan terbaca dan dikenal dari kejahuan. Billboard mempunyai efektifitas terbaca dalam tempo kurang dari tujuh detik. Maka yang perlu dilakukan adalah bekerja dengan kreatifitas penuh supaya pesan tersampaikan dalam jangka waktu yang terbatas itu.

Kepadatan Lalu Lintas
Jika ingin menampilkan detail maka lebih baik memiliki jalur lalu litas yang padat dan pada ketinggian menengah. Kepadatan akan menyebabkan laju kendaraan menjadi lambat Inilah yang akan membuka kesempatan pengguna jalan sedikit berpaling kekanan atau kiri mencari sesuatu yang menarik untuk diamati.

Persepsi Terhadap lokasi
Billboard bertujuan membangun citra. Jangan sampai salah mencari lokasi billboard karena citra yang bonafit, besar dan modern, di suatu tempat yang tidak pada tempatnya dan tidak sesuai sasaran.

Estetika Penempatan Billboard
Lokasi Billboard harus memperhatikan keserasian & keindahan.